Tips dan Trik membeli sepeda motor (kendaraan) Second ala Ztyo

tigiku

jelek - jelek milik pribadi

  1. Periksa usia kendaraan yang akan anda beli. Semakin muda usia kendaraan, biasanya kendaraan tersebut masih memiliki performa mesin yang prima. Usahakan untuk mencari kendaraan yang berusia dibawah 5 tahun (kayak balita aja hehehehehe…. :-D)
  2. Periksa akan menjadi pemilik yang keberapakah anda? Karena semakin banyak pemilik dari kendaraan tersebut, semakin banyak pula orang yang telah memakai kendaraan ini. Berarti kendaraan tersebut telah banyak mengalami perlakuan dari para pemiliknya, walaupun mungkin point ini tidak terlalu penting. Karena setiap orang memiliki perlakuan yang berbeda – beda terhadap kendaraan tersebut. Beruntunglah kita jika pemilik kendaraan yang lama sangat sayang kepada kendaraan tersebut seperti layaknya istri (asal nggak diajak tidur bareng aja, soalnya mesti repot tidur sama motor wekekekekek… :-D)

  1. Ajaklah orang yg mengetahui tentang seluk beluk mesin (jika anda sudah paham betul tentang mesin mungkin tidak perlu point ini). Walaupun dengan mengajak teman, anda mempunyai teman yang bisa diajak konsultasi/sharing sebagai pertimbangan sebelum membeli kendaraan tersebut. Tetapi jangan mengajak tetangga sekampung lho… Ntar dikirain mau demo… Ini terbukti dari pengalaman penulis yang mendapat kendaraan yang sudah banyak onderdil rusak dari motor second yang dibeli penulis karena mengabaikan point ini.
  2. Masa berlaku STNK Kendaraan sebisa mungkin cari yg agak lama. Karena setelah anda membeli kendaraan tersebut, anda masih akan dihadapkan dengan proses ganti/balik nama kendaraan. Selain itu jika masa STNK masih lama, anda akan meniliki waktu untuk mengumpulkan uang guna membayar pajak/proses balik nama.
  3. Cek kondisi mesin dengan seksama. Biasanya kendaraan akan dijual oleh pemiliknya karena faktor mesin yang sudah mulai soak atau bahkan mesin yang sudah harus mengganti part – part yang vital (berharga mahal).
  4. Cek kondisi fisik. Sebenarnya untuk ukuran kondisi fisik dan mesin bisa terpengaruh dari usia kendaraan. Banyak para calon pembeli kendaraan yang terkecoh karena kondisi fisik yang masih mulus, ternyata kondisi mesinnya sudah usang alias rusak.
  5. Cek atau datangi beberapa dealer/penjual kendaraan sebelum anda membeli. Hal ini dilakukan untuk membandingkan harga kendaraan yang akan anda beli. Jangan cuma menanyakan atau bahkan langsung membeli kendaraan di satu tempat/dealer kendaraan. Pengalaman penulis harga kendaraan second di dealer bisa sama dengan kendaraan baru di dealer resmi. Jadi anda harus tahu juga harga kendaraan yang anda cari dalam kondisi baru.
  6. Usahakan untuk menawar dengan harga serendah mungkin. Ini dilakukan berdasarkan dari point 7 diatas. Harga yang ditawarkan penjual biasanya mahal bahkan kelewat mahal.
  7. Point yang ini penulis dapat dari sohib penulis, yaitu cari cacat dari kendaraan yang akan anda beli. Hal ini penting, karena jika kendaraan yang akan anda beli cacat, berarti kedepannya anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk mengganti bagian yang cacat tersebut. Selain itu, dari pengalaman penulis. Jika anda menemukan hal yang cacat dari kendaraan tersebut, kemudian anda melaporkan/mengeluhkan pada sang penjual, biasanya harga yang ditawarkan akan semakin turun.
  8. Cobalah kendaraan yang akan anda beli. Usahakan anda untuk mencoba mengendarai kendaraan yang akan anda beli. Apakah masih layak pake atau tidak, masih bisa diajak ngebut atau tidak, tapi ntar jangan dibeli buat kebut – kebutan lho ya….😛
  9. Minta garansi pada penjual. Usahakan minta garansi jika ada sesuatu kedepannya, lumayan buat jaga – jaga bro… apalagi kalo garansinya bisa ampe satu tahun hahahahaha…..😀

Semoga bermanfaat.

3 Komentar

  1. 12 Maret 2009 pada 04:15

    kk

    blog na bagus bgt

    jangan lupa liat2 blog ku yaa

    http://jamelblog.wordpress.com/

  2. ztyo said,

    13 Maret 2009 pada 19:14

    woke mas bro… matur nuwun, terima kasih

  3. leo said,

    18 Maret 2010 pada 01:00

    thks for info..
    hehehe..
    lg nyari motor seond nih…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: