Install ubuntu/kubuntu di dalam Windows Vista/XP

Menginstal ubuntu/kubuntu sekarang tidaklah sesulit dulu lagi. Dengan adanya aplikasi WUBI, kita dapat menginstal atau memasang ubuntu/kubuntu berdampingan dengan windows di dalam computer tanpa perlu memartisi harddisk kita dengan susah payah. Bila kita sudah tidak menginginkan ubuntu/kubuntu di dalam komputer kita lagi, kita dapat menghapusnya melalui Add/Remove Programs. Sekarang untuk lebih jelasnya mari kita Praktekkan saja.

Masukkan CD Installer ubuntu/kubuntu ke dalam CD ROM/DVD ROM.

Akan muncul tampilan Autoplay CD Installer ubuntu/kubuntu. Klik “Run umenu.exe”

Lalu akan muncul tampilan berikut

Untuk melihat demo ubuntu/kubuntu maupun menginstalnya ke dalam komputer kita dapat memilih “Demo and full installation”, untuk menginstal ke dalam windows (berdampingan dengan windows) pilih “Install inside Windows” untuk mempelajari tentang ubuntu/kubuntu kita pilih “Learn more” yang kemudian akan mengakses situs http://ubuntu.com/. Disini kita akan memilih menu “Install inside Windows” setelah itu akan muncul jendela ubuntu/kubuntu Setup

Keterangan dari gambar diatas adalah sebagai berikut :

  • Installation Drive (46 GB free) yaitu tempat/drive dimana kita akan menginstal ubuntu/kubuntu. Disini saya akan menginstalasikan ubuntu/kubuntu di Drive E: dimana drive “E:” terdapat ruang bebas sebesar 46 GB.
  • Installation Size (GB): yaitu menjelaskan ukuran ruang hardisk yang akan dipakai untuk memasang Instalasi ubuntu/kubuntu. Disini ada beberapa pilihan yang dapat kita pilih antara lain : 4,5,6,7,8,9,10,15,30.
  • Desktop Environtment: yaitu desktop yang akan dipasang di computer. Biasannya menu ini mengikuti CD Installer ataupun file ISO yang tersedia. Disini kita Cuma ada pilihan ubuntu karena kita memakai CD Installer ubuntu. Menu ini dapat berubah menjadi Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu atau yang lainnya.
  • Language: banyak pilihan bahasa yang dapat kita pilih pada opsi ini. Bahasa Indonesiapun tersedia😀
  • Username: yaitu nama pengguna yang akan dijadikan user pada menu login nantinya. Biasanya username mengikuti user yang ada pada windows. Ada ketentuan untuk membuat username yaitu: harus menggunakan huruf kecil, tidak mengandung karakter spasi, terdiri dari huruf dan angka, serta tidak diawali dengan angka.
  • Password: kode password untuk username diatas. Password diketikkan 2x sebagai konfirmasi dan menjaga kesalahan pengetikan.

Selanjutnya klik “Install”

Proses instal ini kira-kira cuma memakan waktu beberapa menit saja, tergantung spesifikasi komputer kita :p

Jika Instalasi telah selesai maka computer akan diminta untuk “reboot” atau restart.

Setelah restart kita akan dihadapkan 2 pilihan boot, agar instalasi ubuntu/kubuntu selesai maka kita pilih saja opsi ubuntu/kubuntu.

Selesai deh…

Dekstop Ubuntu

Desktop Kubuntu

Bila kita sudah tidak menginginkan ubuntu/kubuntu di dalam komputer kita lagi, kita dapat menghapusnya melalui Add/Remove Programs.

10 Komentar

  1. mul14 said,

    27 September 2008 pada 19:00

    Coba deh pake MobaLiveCD. Itu nyobain Linux tanpa install sama sekali..
    Cuma klik file iso, dan Run.. beress…

  2. mul14 said,

    27 September 2008 pada 19:08

    ohya.. disini http://mobalivecd.mobatek.net

  3. Harian said,

    28 September 2008 pada 17:13

    kayaknya gampang ya. Klo ga punya CD driver bisa dapt dimana

  4. ztyo said,

    29 September 2008 pada 01:47

    terimakasih masukannya🙂

  5. ztyo said,

    29 September 2008 pada 02:06

    CD Driver ? Kalo Installer kita bisa download di http://www.ubuntu.com ato bapak bisa minta/request ke http://www.ubuntu-id.org/ubuntu/shipit untuk mendapatkan CD installer gratis😀

    Untuk paket tambahan kita bisa memperolehnya dari DVD Repositori yang terdiri dari 5 keping DVD (berisi sekitar 20 GB) ataupun bapak bisa download sendiri di http://kambing.ui.edu/pub/ubuntu-repository/hardy/ (untuk Hardy Heron 8.04)
    Ato mungkin jika bapak berminat saya bisa bantu untuk DVD Repositorinya🙂

    Jika mengalami kesulitan seputar Ubuntu anda bisa ikut milis Ubuntu-id, info lebih lanjut http://wiki.ubuntu-id.org/milis

  6. Harian said,

    29 September 2008 pada 07:32

    iya maksud saya CD installer🙂 kok ketulis CD driver ya. Teman saya pernah punya CD installer Ubuntu yg skalian bisa liveCD.

    Wah mau juga nih mas klo dibantu installer plus repositorinya. Tp skalian nunggu yang Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex ya … Thx

  7. ztyo said,

    29 September 2008 pada 14:10

    Saya dapat CD Installer Ubuntu dan Kubuntu dari Shipit maupun File Iso dari DVD bonus Info Linux bisa liveCD koq mas… tinggal seting BIOS agar bootingnya dari CD/DVD ROM dulu

    Sama – sama🙂

  8. Adit said,

    20 Februari 2009 pada 06:12

    tanya nih… setelah uninstall kubuntu nya, space di HDD kok tetep sama ? gimana cara bener2 hapus bersih kubuntunya ? format drive tidak menarik.. karena 80 gb data mindahnya pusing sendiri yg ada…

  9. ztyo said,

    25 Februari 2009 pada 22:59

    Walah demi dirimu kubuntuku tak coba uninstall. Hasilnya space disk HDku berkurang tuh bro…
    Swer wer wer…🙂

  10. tuxlin said,

    28 Februari 2009 pada 13:59

    ckikiki… aku datang brow!!! udah ta link blognya… btw paz motret monitor keliatan tampangmu lho maz…ckikikiki… software?? banyak maz… q bar nemu situs software b*jakan super lengkap!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: